Tuesday, November 13, 2012

Xperia V Tunda hingga Akhir Januari 2013 untuk Jelly Bean


Diantara beberapa Xperia terbaru yang dikonfirmasikan Sony Mobile selama event IFA 2012 lalu, Xperia V menjadi salah satu yang paling dinanti. Chipset Snapdragon S4 Plus, layar resolusi tinggi dan desain yang kompak menjadi daya tariknya. Sayangnya, Sony menunda peluncuran Xperia V ini hingga tahun depan.
Xperia T, J dan V awalnya direncanakan rilis mulai Oktober 2012 kemarin. Namun ketika Xperia J dan TX sendiri saat ini sudah dijual di Indonesia, Sony menunda perilisan Xperia V hingga Desember 2012. Dan kabar terakhir dari blog Xperia, mereka kembali menundanya hingga tahun 2013, tepatnya akhir Januari 2013. Sebagai kompensasi, Xperia V nantinya langsung dirilis menggunakan Android 4.1 Jelly Bean, dan harga perdananya €529, atau sekitar Rp. 6.5 jutaan.
Lho, kok lebih mahal dibandingkan TX? Harga yang sudah kami dapatkan untuk pasar Eropa, dan biasanya di wilayah lain bakal berbeda, atau lebih murah. Xperia V meskipun layarnya lebih kecil dari Xperia TX, memiliki  fitur lainnya seperti sertifikat IP57, masih mampu menahan debu dan diajak menyelam hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Ukuran layar yang lebih kecil dengan kapasitas baterai yang hanya terpaut 100 mAh dari Xperia TX membuat daya tahannya aktifnya juga lebih lama.

Kutipan pernyataan Sony Perancis melalui Twitter sehubungan dengan penundaan Xperia V.
Penundaan ini jelas bukan kabar baik, apalagi ketika tahun depan tren bakal beralih ke smartphone dengan layar lebar. Namun kompensasi Jelly Bean, dan harga yang diturunkan oleh Sony (awalnya Xperia V bakal dijual €549 dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich), sepertinya cukup pantas untuk mengobati rasa kecewa. Dan semoga saja Jelly Bean yang diberikan nanti langsung ke Android 4.2 Jelly Bean.